Sunday, March 23, 2008

Jika Jumlah Materi Per Suara Tidak Balance

Hari ini, pas Paskah juga ada hal yang penting. Kami kehilangan satu lagi teman kami di bagian alto. Amanda harus melanjutkan studinya ke Malaysia. Untungnya kami memiliki satu materi suara di S2 yang masih baru yang masih bisa dipindahkan ke alto menggantikan Amanda. Hal ini juga karena balance sopran dan alto memang sudah jauh timpang karena kami sudah kehilangan beberapa alto sebelumnya sedangkan materi sopran 2 sudah berlebih.

Secara prinsip memang suara alto dan sopran 2 ada perbedaan range suara sekitar interval 3-4. Tapi jika anda memiliki materi suara yang baru dan masih muda, anda bisa memindahkannya ke bagian suara yang terlalu sedikit (dengan catatan harus memperhatikan balance total materi suara per bagian suara). Materi/anggota yang baru akan lebih mudah diarahkan suaranya dibanding kita henda men-strecth suara anggota yang sudah lama bergabung.

Balance (keseimbangan) suara dalam paduan suara biasanya dengan (SATB = 3-2-2-3). Artinya 3 porsi untuk Sopran, 2 porsi untuk Alto, 2 untuk tenor dan 3 untuk Bass. Untuk komposisi materi suara SSATB (Sopran terdiri dari sopran 1 dan sopran 2)...saya membaginya dengan SSATB = 2-3-2-2-3 atau 2-2-2-2-3 Sopran 1 tidak memerlukan suara yang benar2 tebal karena dalam aransemen lagu paduan suara biasanya posisi mereka tidak dinyanyikan keras pun suaranya sudah menonjol sendiri. Pada kondisi sekarang ini, Serafim Choir memiliki 7 orang S2 dan hanya 5 orang Alto, jadi jika Amanda pergi dan digantikan oleh Lusi, makan komposisi akan menjadi lebih balance yaitu S2A = 6-5

Formasi Serafim Choir sekarang menjadi:
SSATB = 5-6-5-4-5
Sopran 1 = 5 orang (satu org termasuk pianis)
Sopran 2 = 6 orang
Alto = 5 orang
Tenor = 4 orang (1 orang termasuk pianis)
Bass = 5 orang

Semoga bermanfaat

0 comments:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP