Wednesday, February 18, 2009

John (Milford Rohn Milford) Rutter

Lahir di London, bersekolah di Highgate School kemudian belajar musik do Clare College, Cambridge di mana ia menjadi anggota koor dan kemudian menjadi pengarah koor Dari 1975- 1979.

Pada tahun 1974, John Rutter berkunjung ke Amerika Serikat diundang oleh musisi koor Melvin Olson untuk menjadi konduktor pada Kantata "Gloria" di Ohama, Nebraska di Witherspoon Hall di Joslyn Art Museum. Menampilkan komposisi dari Olson yang diambil dari Olson Chorale yang berikutnya mejadi komposisi favorit di tahun-tahun selanjutnya. Pada konser yang sama, Young People's Choir dari Midlands membawakan karya Rutter "Eight Childhood Lyrics" yang menjadi penampilan pertamanya di Amerika Serikat.

Di tahun 1981 Rutter membentuk koornya sendiri yaitu Cambridge Singers. Koor yang dia konduk dengan banyak hasil karyanya sendiri dinyanyikan dan menghasilkan banyak album. Bahkan Rutter mendirikan perusahaan rekamannya sendiri yaitu Collergium Records. Sekarang beliau masih tinggal di dekat Cambridge tetapi sering menjadi konduktor bagi paduan suaranya keliling dunia.

Di tahun 1980 Rutter menjadi anggota kehormatan di Westminster Choir College, Prinston dan di tahun 1988 di Guild of Church Musician. Di tahun 1966 Archbishop of Canterbury menganugrahi beliau gelar LAmbert Doctorate Of Music atas kontribusinya dalam dunia paduan suara gereja.

Tahun 2008 Rutter menerima bangku kehormatan dari Middle Temple karena perannya dalam Temple Festival 20008.

John Rutter juga bekerja sebagai editor dan arranger yang kebanyakan karyanya terkenal dan sangat sukses yaitu beberapa seri bunga rampai Carol for Choir, hasilkerja sama dengan Sir David Willcocks

0 comments:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP